4 Tips Agar Laptop Tahan Lama Saat Bermain Game

Tutorialinfotech-Game merupakan suatu permainan yang sangat disukai banyak orang.Game ada yang bisa dimainkan di android, Plasystation, dan salah satu nya Laptop.Yap Laptop.Apakah Sobat gemar main game di laptop atau bahkan di netbook? kalau iya, apakah laptop atau netbook Sobat masih baik-baik saja? Mungkin sebagian besar akan menjawab Tidak Mulai dari masalah baterai yang mulai boros, atau laptop/netbook yang cepat panas, muai lemot, sampai yang paling parah, RUSAK....

Mengapa hal ini bisa terjadi? dan bagaimana saya bisa tahu keluhan-keluhan Sobat? Iya. Karena sebagian besar pemlik laptop/netbook mengeluhkan hal-hal diatas di forum-forum teknologi. Nah lho jadi main game di laptop tidak boleh? Itu juga jawaban yang tepat.
Sebenarnya, tidak ada larangan main game di laptop atau netbook karena memang tida ada Undang-undang yang melarangnya. Tapi, perlu diingat bahwa laptop bukanlah PC. Karena laptop berbeda dengan PC, tentu saja dalam hal perlakuannya juga berbeda. Kita bisa main game berjam-jam bahkan berhari-hari non-stop di PC dengan catatan Sobat betah. Tetapi, tidak dengan laptop, apalagi netbook. Jika Sobat adalah gamers, dan senjata sobat satu-satunya adalah laptop, berikut tips-tips aman main game di laptop agar laptop sobat bisa bertahan sedikit lebih lama lagi.

1. JANGAN LEPAS BATERAI KETIKA MAIN GAME DI LAPTOP
Ini adalah hal yang biasa dilakukan para pengguna laptop ketika main game. Biasanya mereka mencopot baterai laptop dan menghubungkan laptop langsung dengan adapter/charger (yang biasa disebut dengan AC Mode). 

Mencopot baterai, mungkin akan membuat baterai Sobat lebih awet atau tidak mudah boros. Memang benar. Tapi bagaimana dengan laptop Sobat? Jika sobat menggunakan laptop dalam keadaan AC Mode, daya yang masuk ke laptop akan langsung menyerang laptop sobat tanpa ada filter. Seperti yang sudah pernah saya jelaskan, fungsi baterai bukan hanya sebagai penyuplai daya, tetapi sebagi filter yang menghambat agar daya yang masuk ke mainboard tidak terlalu besar. Daya yang terlalu besar akan merusak komponen-komponen pada motherboard. Biasanya efek pada laptop tidak langsung. Tetapi bertahap. Pertama, laptop akan sering restart sendiri tanpa penyebab yang pasti, kemudian, laptop akan sering mati sendiri, hingga pada akhirnya mati total.
Belum lagi ketika kita menggunakan laptop dalam mode AC, dan tiba-tiba terjadi pemadaman listrik, maka dampak langsungnya ada pada harddisk. Bisa dipastikan harddisk sobat akan langsung mengalami bad sector. Mungkin sobat akan bertanya, "Tapi kalau baterai tetap dipasang, baterainya akan cepat rusak dong Dan saya akan menjawab dengan pertanyaan juga: "Pilih baterainya yang rusak, atau laptopnya yang rusak Lagian laptop-laptop jaman sekarang akan secara otomatis memutus daya ke baterai ketika baterai sudah penuh. Jadi, berhenti menyiksa laptop sobat.

2. INSTAL GAME YANG SESUAI DENGAN SPESIFIKASI LAPTOP SOBAT
Jika laptop spesifikasi laptop sobat hanya memungkinan sobat untuk main game Angry Birds, jangan memaksakan untuk bermain PES 2015. Jika sobat memainkan game yang terlalu berat untuk laptop sobat, maka laptop sobat juga akan bekerja 2x atau bahkan berkali-kali lebih berat, dan hal itu akan membuat umur laptop sobat akan semakin pendek.

3. JANGAN TERLALU LAMA MAIN GAME DI LAPTOP
Mungkin ini yang paling sulit. Karena sebagian besar orang sudah lupa waktu jika sudah terjun dalam serunya nge-game. Usahakan, batasi waktu nge-game di laptop. Jika sobat menggunakan CoolPad, mungkin waktu maksimal adalah 3 jam. Tetapi jika sobat tidak menggunakan CoolPad, jangan nge-game di laptop lebih dari 3 jam.

4. NETBOOK NOT FOR GAME
Apakah netbook diciptakan untuk bermain game? Sepertinya bukan. Netbook diciptakan untuk membantu para penggunanya yang membutuhkan mobilitas tinggi. Dan spesifikasi netbook, sangat tidak cocok jika digunakan untuk bermain game.

Itulah beberapa tips mengenai nge-game di laptop. Saran saya, silahkan merakit PC jika sobat adalah seorang gamers berat. Atau, belilalh laptop yang memmang diciptakan untuk gaming, seperti Alienware atau ASUS ROG. Semoga dalam penulisan artikel ini sobat lebih terbantu dan bermanfaat bagi kita semua .

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.